SMK Negeri 1 Banjar - KREATIF, INOVATIF, SIAP KERJA, DAN KOMPETITIF <data:blog.pageName/> | <data:blog.title/>

Tujuan dilakukannya kunjungan industri adalah untuk memperluas pengetahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja. Mendorong siswa mempunyai minat bekerja diperusahaan dan memberikan Informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahan. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari.

 Selasa, 16/01/2024 pukul 18.30 dilakukan pemberangkatan dari kota Banjar menuju Yogyakarta.

Rabu, 17/01/2024 tiba di Yogyakarta dilanjut dengan istirahat solat makan pukul 04.00-07.30 di Ambar Ketawang. Pukul 07.30 dilakukan pemberangkatan menuju perusahaan industri masing-masing setiap jurusan yang berbeda.

Jurusan Badan Daring & Pemasaran (BDP) melakukan kunjungan langsung ke PT. MIROTA KSM (industri susu) yang bertujuan agar siswa-siswi mengetahui proses produksi susu dari mulai penyiapan bahan baku sampai pengemasan dan penjualan susu, susu yang diproduksi yaitu merk Lactona.

Jurusan Akuntansi Keuangan & Lembaga (AKL) melakukan kunjungan langsung ke perusahaan PT MADUBARU  (PG-PS MADUKISMO). Tujuannya adalah memotivasi siswa-siswi AKL untuk membangun usaha/ bisnis dari lingkungan yang mereka mampu. Selain itu, karena perusahaan tersebut merupakan perusahaan manufaktur yang usahanya memproduksi gula dan spirtus, secara teoritis keilmuan siswa diajak untuk memahami pembukuan di perusahaan manufaktur yang memiliki kompleksitas tinggi. Hal ini dikarenakan banyak departemen di perusahaan manufaktur (produksi) yang pembukuan dan pelaporan keuangannya terpisah sehingga diperlukan singkronisasi dengan berbagai departemen dan ekstra kehati-hatian. Tujuan lainnya selain di bidang pengetahuan, siswa-siswi mendapat promosi untuk memperoleh kesempatan PKL di PT tersebut, jika sudah terjalin kerjasama memungkinkan untuk mendapatkan fasilitas rekruitmen pegawai yang lebih mudah.

Selanjutnya dari jurusan Otomatisasi Tata dan Kelola Perkantoran (OTKP) melakukan kunjungan langsung yaitu The Alana Hotel & Convention Center - Yogyakarta By Aston. Tujuan nya, di jurusan OTKP ada materi pelajaran Etika Jamuan Bisnis (Table Manner), jadi siswa- sisiwi OTKP melakukan kunjungan ke Hotel untuk belajar sekaligus praktek langsung dari praktisi yang betul-betul ahli di bidangnya, agar siswa-siswi mendapat ilmu dan pengalaman tentang Table Manner. Ilmu dan pengalaman Table manner ini sangat bermanfaat untuk bekal siswa nanti, baik di masyarakat maupun di dunia kerja.

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) melakukan kunjungan ke dua perusahaan yang pertama PT Gama Multi dan kedua Robotic School. Tujuan melakukan kunjungan industri sendiri yaitu melaksanakan program rutin tahunan sekolah, melaksanakan pembelajaran studi lapangan untuk mengenal proses kerja & budaya kerja yang ada di dunia industri, melakukan transfer knowledge dari dudi untuk dapat menerapkan hal yang baik dalam pembelajaran, dan yang terakhir menambah wawasan baru terkait progress kedepan ketika lulus dari jurusan RPL.

Selanjutnya jurusan Multimedia melakukan kunjungan ke dua perusahaan, yang pertama yaitu YOGYA TV yang bertujuan untuk belajar secara langsung pengambilan gambar produksi pada tv yang disiarkan secara langsung. Dan yang kedua OMAH OBLONG disana belajar produksi dari mulai bahan sampai jadi sebuah baju dengan proses yang panjang, dan juga Pemilihan kain, produksi, membuat desain screen sampai baju di pasarkan.

Jurusan Tata Busana (TBS) melakukan kunjungan ke PT. Busana Remaja Agracipta yang berlokasi di Bantul Yogyakarta. Perusahaan tersebut bergerak dibidang pembuatan busana dalam wanita atau underwear dengan brand yang di produksi yaitu Victoria secret, h&m, walcoal dll. Tujuan kunjungan industri ini diharapkan siswa siswi dari jurusan tata busana memiliki wawasan yang lebih luas terkait bidang busana termasuk mengenal pembuatan item fashion yang sehari-hari digunakan khusus untuk kaum hawa.

Dan yang terakhir jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dilaksanakan di stasiun Adi TV Yogyakarta. Tujuan kunjungan industri ke Adi TV Yogyakarta dapat bervariasi, seperti untuk memahami proses produksi televisi, mengamati teknologi terkini dalam industri penyiaran. Peserta kujungan industri juga dapat merasakan langsung bagaimana menjadi pembawa acara, seperti memandu program atau siaran langsung. Penyiar berita, kameramen, bahkan sutradara.

Nah itu dia kegiatan industri yang dilakukan oleh setiap jurusannya masing-masing. Setelah selesai melakukan kegiatan kunjungan industri, siswa-siswi melanjutkan perjalanan ke toko oleh-oleh dan dilanjutkan dengan chek-in hotel untuk istirahat. Malam hari, seluruh siswa-siswi dan guru di perkenankan untuk meng explore Malioboro sampai batas waktu pukul 22.00.

Kamis, 18/01/2024 pukul 06.00 dilangsungkan makan pagi dan dilanjut chek-out hotel pukul 07.30. Selanjutnya, melanjutkan perjalanan menuju explore Merapi dan Jeep Merapi. Setelah makan siang, dilanjutkan dengan meng explore Borobudur. Setelah selesai dari Borobudur, dilanjutkan lagi menuju Kebumen Candisari untuk makan malam dan hiburan sebagai penutup malam kebersamaan dan ramah tamah. Pukul 22.00 melanjutkan perjalanan pulang menuju kota Banjar dengan selamat dan tiba pada hari Jumat, 19/01/2024 pukul 01.45.

Copyright (c) 2016 - SMK Negeri 1 Banjar

Pengembang Version v2.0-26/6/21 - IP : 18.116.28.22